Malam Nisfu Sya’ban

Kehadiran Ramadhan sungguh sangat dinanti-nanti oleh kaum muslimin. Betapa tidak, Ramadhan merupakan bulan yang sangat mulia, bulan yang menjadi waktu bagi ummat islam untuk mengumpulkan pundi-pundi amal sebagai bekal di akhirat kelak. Namun sebelum masuk ke Bulan Ramadhan, tentu perlu persiapan dan perencanaan yang matang sehingga Bulan Ramadhan yang penuh dengan barokah tidak dilewatkan begitu saja. Persiapan dan perencanaan baiknya dicanangkan jauh-jauh hari (1 tahun), akan tetapi yang namanya manusia terkadang lupa dan disibukkan dengan aktifitas sehari-hari sehinnga lalai akan hal tersebut. Nah, beruntungya sebelum Ramadhan datang ada semacam alaram bagi ummat islam yang mengingatkan bahwa sebentar lagi Ramadhan akan datang. Alaram tersebut berupa Malam Nisfu Sya’ban.

Memasuki Malam Nisfu Sya’ban itu artinya dua minggu lagi Ramadhan akan datang.  Malam Nisfu Sya’ban juga merupakan salah satu malam yang muliah dalam penanggalan islam. Di malam ini do’a-do’a yang dipanjatkan hamba akan dikabulkan Rabb-nya dan dosa-dosa yang di’akui’ hamba akan diampunkan oleh yang Maha Gofur. Karena itu, sangat-sangat disarankan bagi ummat muslim untuk menghidupkan Malam Nisfu Sya’ban. Beberapa amalan yang dianjurkan untuk diamalkan di Malam Nisfu Sya’ban diantaranya yaitu kiyamullail, membaca Surat Yasin 3 kali (bacaan pertama diniatkan untuk menguatkan iman, bacaan ke dua diniatkan untuk panjang umur, dan bacaan ke tiga diniatkan supaya mendapatkan rizki yang halal, barokah, dan lapang), membaca kalimat “Laa Ilaha Illa Anta Subhanaka Inni Kuntu Minadzolimin” sebanyak 1300 kali, serta besok paginya disunnatkan untuk Puasa Nisfu Sya’ban (puasa setelah Nisfu Sya’ban dimakruhkan bagi orang yang tidak biasa).

Dengan menunaikan beberapa amalan tersebut harapanya kesiapan semakin mantap, hati menjadi tenang, sehingga semakin bahagia dalam menyambut kedatangan Bulan Ramadhan. Selamat menyambut kedatangan Ramadhan, mohon maaf atas segala salah dan khilaf selama setahun ini.

Syamsul Mujahidin.

Malam Nisfu Sya’ban

Leave a comment