Dauroh Syeh Dr Muhammad bin Ismail Usman Zain Al-Makky di Pulau Lombok

Alhamdulillah, 2018 adalah tahun ke-6 proses penyelenggaraan Dauroh Ilmiah oleh Syeh Dr Muhammad bin Ismail Usman Zain Al-Makky di Pulau Lombok. Tahun pertama (2012) dilaksanakan di Pondok Pesantren TGH Ma’arif (Darek Loteng), tahun ke-2 di pondok kami (PONPES Darul Kamal Lotim), dan dari tahun ke-3 sampai tahun ke-6 selalu dilaksanakan di Pendopo Gubernur Nusa Tenggara Barat.

Acara dauroh dimaksudkan sebagai wadah silaturrohmi antara Sayyidi Syeh dengan mantan murid Beliau dan mantan murid Ayahanda Beliau sewaktu mengaji di Makkah. Selain itu, acara ini juga digunakan sebagai momen untuk bertukar pikiran (diskusi) seputar bidang keilmuan islam. Sehingga setiap penyelenggaran dauroh selau dibacakan kitab-kitab hadis, fiqih, dan akhlaq yang dibimbing langsung oleh Dr Muhammad bin Ismail Usman Zain Al-Makky. Pada acara dauroh tahun ini sudah dibacakan kitab Maqasid Syariah Al Islamiah, karangan Ibnu ‘Ashur sampai khatam. Kitab ini banyak membahas tentang sisi “kenapa” perlu syariah islam.

Bagi kami sebagai mustami’, acara ini merupakan kesempatan untuk mendapatkan sanad terkait keilmuan islam dari Syeh Dr Muhammad bin Ismail Usman Zain Al-Makky. Beliau adalah Ulama yang cukup muda, tetapi Ilmu beliau sangat luas dan dalam. Penjelasan beliau tentang suatu topik sangat nyaman untuk disimak. Gaya beliau ketika memberikan penjelasan, sederhana dan mengena sasaran. Sehingga sangat berkesan bagi kami.

Melihat kondisi zaman dimana akses untuk belajar ilmu agama mulai mudah didapat, khususnya lewat media sosial (youtube), kegiatan belajar secara langsung ke guru sangat penting dilakukan guna mendapatkan sanad. Dengan sanad, ilmu yang didapat menjadi lebih kokoh. Semoga di tahun-tahun mendatang acara seperti ini tetap berlangsung.

 

 

 

 

 

Dauroh Syeh Dr Muhammad bin Ismail Usman Zain Al-Makky di Pulau Lombok

Dokumentasi Belajar Deep Learning

Deep Learning adalah ilmu baru yang menarik untuk dipelajari. Secara umum ilmu ini mempelajari tentang bagaimana menemukan pola-pola secara efektif dari sejumlah data mentah (raw data). Deep Learning merupakan perkembangan dari Machine Learning. khusunya Neural Network. Penelitian yang mendalam secara akademis pada bidang Neural Network melahirkan Ilmu Deep Learning. Akan tetapi, sekarang ini sejalan dengan akusisi teknologi internet yang begitu pesat membuat polarisasi Deep Learning menyebar secara merata ke semua lini. Deep Learning tidak hanya menjadi milik kalangan akademis. Semua orang bisa mempelajarinya, baik itu programmer, seniman, atau praktisi. Modal utamanya adalah punya pengetahuan tetang aljabar linier, kalkulus, statistik, dan programming. Masa depan Deep Learning diprediksi akan memasuki (dimanfaatkan) di semua bidang. Hal terbaik yang bisa dilakaukan sekarang ini adalah mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi semua hal yang bisa terjadi di luar dugaan.

Di tahun 2018 saya berencana untuk medalami Deep Learning (DL). Melalui media ini saya akan mencoba merangkumkan apa-apa saja yang sudah saya pelajari dan kerjakan terkait dengan Deep Learning. Postingan ini akan berisikan daftar-daftar sumber yang saya gunakan untuk belajar, hasil eksperimen, orang-orang yang perlu di follow, serta progress belajar saya.

Daftar Sumber Belajar:

Dokumentasi Belajar Deep Learning