Sharing Konsep Bisnis Percetakan Bersama Mas Wir

Kemarin, dapat pengalaman yang cukup menyenangkan terkait obrolan bisnis. Saya bertemu dengan mas wir dikantornya. Mas wir ini adalah seorang pebisnis percetakan. Meski menjabat sebagai BOS, tetapi saya lihat beliau orangnya humbel dan sedikit kocak. Contoh saja, ketika kami tiba dikantornya, langsung disodorin pertanyaan “Hari ini mau cetak berapa ekspemlar?”. Beliau tidak sungkan mengungkapkan seluk beluk dari usaha yang beliau bangun. ketika saya tanyak kapan usahanya dibuka, beliau secara ngamblang menceritakan perjalanan usahanya. Ada satu hal yang menarik yang saya tangkap dari obrolan tersebut, beliau sering menggunakan analogi dalam menjelaskan konsep dan perhitungan bisnisnya. Contoh saja, ketika menceritakan tentang ISBN yang sebenarnya geratis, akan tetapi karena proses pengurusannya yang cepat maka jadi berbayar. Beliau menganalogikan dengan air kali code yang pada dasarnya sifatnya geratis, bisa diambil oleh siapa saja. Akan tetapi ketika menyuruh orang untuk mengabilnya, tentu ada beban biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan air tesebut. Beliau juga menyuruh untuk pasang jaring laba-laba bisnis, artinya dalam berbisnis itu harus pandai-pandai multitasking. Menjalankan bisnis itu jangan hanya dengan membuka satu bisnis saja, kalau bisa buka lagi bidang yang lain. Beliau menganalogikannya dengan kondisi panen yang sangat bergantung pada musim. Jikalau musim panas, tanamlah bawang karena itu bisa menguntungkan, sementara kalau musim hujan ya tanamlah padi. sama halnya dalam dunia bisnis, jangan hanya mengandalkan satu bisnis saja, karena perpintaan konsumen bisa surut sewaktu-waktu tergantung musim yang datang. Akhir pertemuan, beliau menyarankan untuk pandai-pandai menjalain relasi dengan kompetitor itu sendiri. Jangan anggap kompetitor itu musuh, kalau bisa rangkul mereka sebagai patner kerja. Baiklah, itu dulu kisah bisnis minggu ini. Terima kasih mas wir atas sharing konsep bisninya. Semoga suatu saat bisa kita implementasikan dan bisa bekerjasama.
Sharing Konsep Bisnis Percetakan Bersama Mas Wir

Permasalahan Rendering Swing Java di Windows 8

Beberapa bulan yang lalu saya banyak menghabiskan waktu untuk mempelajari, konfigurasi, dan troubleshouting pada masalah jaringan. Sehingga pengetahuan tentang java, sedikit terabaikan. Ketika bersentuhan lagi dengan java, ternyata banyak sekali permasalahan yang muncul. Utamanya ketika saya mencoba running program Computer Graphics Java, khusunya bagian java swing. Permasalahannya adalah ketika mencoba running graphics dari java di windows 8, tampilannya terlihat “pecah”, seperti terlihat pada gambar 1.

Capture11Gambar 1. Garphics Java Pecah Ketika di-render

Berbagai cara telah dicoba, termasuk update versi java ke yang terbaru. Tapi ternyanya hasilnya masih tetap nihil. Usut punya usut, ternyata permasalahannya terdapat pada VGA Direct3D yang masih ON, dimana java  1.4.1_02 dan seterusnya tidak support dengan settingan tesebut. Untuk itu, settingan tersebut perlu di OFF-kan dengan cara menambah variabel J2D_D3D dengan nilai “false” pada Environment Variabel seperti yang terlihat pada gambar 2. Caranya sebagai berikut.
Control Panel –> Edit the system envrironment varibels –> Environment Variabels –> New System Variabel.

Capture12Gambar 2. Setting Environment Variabel

Akhirnya permasalahan bisa diatasi dan coding-pun bisa dilanjutkan kembali.

Capture1

Permasalahan Rendering Swing Java di Windows 8